Senin, 27 Januari 2020 / 08:33:26 WIB

Workshop Lanjutan Pemantapan Aplikasi E-Kinerja dan Rekonsiliasi Data SILKa

Diposting : Administrator | Kategori: Kepegawaian | Dibaca: 273 kali


Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Balangan menyelenggarakan Workshop Lanjutan Pemantapan Aplikasi E-Kinerja dan Rekonsiliasi Data SILKa di Best Western Kindai Hotel, Jl. Ahmad Yani Km 4,5 Banjarmasin pada tanggal 21-23 Januari 2020. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Workshop terkait Aplikasi E-Kinerja  yang juga sudah dilaksanakan di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin pada tahun 2019 sekaligus merupakan bentuk kegiatan evaluasi kegiatan Coaching Clinic yang telah dilaksanakan secara maraton pada akhir tahun 2019 yang dimulai bulan Oktober sampai dengan Desember 2019.

Pembukaan Acara Workshop Lanjutan Pemantapan Aplikasi E-Kinerja dan Rekonsiliasi Data SILKa, dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2020  oleh Bupati Balangan yang diwakili Asisten Administrasi Umum,  Drs. Hj. Hasmiati, M.Pd.  Dalam  sambutan Bupati Balangan yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum, urgensi penting terkait dengan adanya monitoring dan penilaian atas kinerja seluruh Aparatur Sipil Negara yang bertanggungjawab untuk memberikan pelayanan kepada rakyat, karena secara penghasilan dibayar  melalui uang rakyat. Dengan penerapan  Aplikasi E-Kinerja menjadi sebuah sistem terpadu yang dapat digunakan sebagai alat ukur untuk menilai, mengawasi dan mengelola kinerja ASN menjadi lebih baik.  Selain itu dengan penerapan sistem penilaian berbasis kinerja, selanjutnya bisa dijadikan pertimbangan untuk memberikan reward ataupun punishment, dan sekaligus sangat membantu pemerintah pusat maupun daerah untuk mendapatkan ASN yang berkualitas unggul dalam rangka pemetaan kinerja ASN dalam rangka merit system. Dengan melalui penerapan E-Kinerja, ASN mampu untuk merencanakan dan menyusun  Sasaran Kerja Pegawai (SKP)  Tahunan menjadi  Kegiatan Bulanan dan Laporan Kinerja Harian.

Selain itu Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Balangan H. Sufriannor, S.Sos, M.AP dalam sambutannya  menyampaikan bahwa Penerapan Aplikasi E-Kinerja merupakan amanah dari UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS serta Target dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahwa Kabupaten Balangan diwajibkan  dalam memberikan tambahan penghasilan pegawai harus berbasis kinerja. Target peserta yang diundang dalam acara Workshop tersebut adalah seluruh Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian beserta Pengelola Kepegawaian pada Dinas/Badan serta Kepala Sub Bagian Tata Usaha pada Puskesmas yang jumlahnya kurang lebih 92 (sembilan puluh dua) orang. Melalui adanya workshop ini diharapkan seluruh peserta memahami terkait penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) yang akan diinput pada Aplikasi E-Kinerja dan diharapkan mampu menyampaikan ke SKPD masing-masing.

Narasumber dalam kegiatan  Workshop Lanjutan Pemantapan Aplikasi E-Kinerja dan Rekonsiliasi data SILKa terdiri dari Kepala Bagian Organisasi, Hj. Ernawati, S.STP, MM, Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah yang mengupas secara detail draft Peraturan Bupati Balangan tentang Tambahan Penghasilan Pegawai ASN Daerah. Sesi selanjutnya diisi oleh Sukiman, S.Sos, MPA, Kepala Sub Bidang Penilaian dan Evaluasi Kinerja Aparatur yang menyampaikan terkait Sasaran Kerja Pegawai, Evaluasi Hasil Coaching Clinic Aplikasi E-Kinerja  Tahun 2019, serta penyampaian rancangan Sasaran Kerja Pegawai yang diharapkan menjadi panduan bagi SKPD untuk dapat menindaklanjutinya. Pada hari kedua penyampai materi oleh Arswendhi Arrisdira, S.Kom, Kepala Sub Bidang Informasi Kepegawaian,  yang  menyampaikan  materi tentang implementasi tambahan penghasilan pegawai yang secara jelas diberikan informasi yang dimulai terkait integrasi data, jumlah          wajib  ASN pengguna Aplikasi E-Kinerja yang menjadi beban sistem serta tahapan yang harus dilakukan sampai dengan keluarnya rekap Tambahan Penghasilan Pegawai per SKPD. Selanjutnya dalam materi ini juga langsung dilaksanakan simulasi, sehingga seluruh peserta diwajibkan mengetahui proses awal sampai dengan akhir.

Kegiatan workshop akhirnya diakhiri dan ditutup  pada hari Kamis, tanggal 23 Januari 2020 oleh Kepala Sub Bidang Penilaian dan Evaluasi Kinerja Aparatur, Sukiman, S.Sos, MPA.

Berita Terkait Komentar Via Facebook
( 0 ) Komentar Belum ada komentar(0) Form Komentar
*Opsional, boleh tidak diisi
(Masukkan 6 kode diatas)