Guru Lagu Tembang Kinanthi

Guru Lagu Tembang Kinanthi. Watak tembang kinanthi yaiku kemuliaan, tauladan kang becik,. Mempunyai guru gatra = 6; 1) memiliki guru lagu (vokal atau huruf) (u, i, a, i, a, i) artinya adalah pada lirik yang pertama tembang ini berakhir dengan vokal huruf. Guru lagu yaiku tibaning swara ing saben pungkasaning gatra.

Guru gatra adalah sebutan untuk jumlah baris pada setiap bait tembang. Guru lagu = u, i, a, i, a, i. Guru lagu adalah dong ding tibaning swara ing pungkasaning gatra atau huruf vokal terakhir dalam satu baris.

Tembang kinanthi yaiku salah sijining tembang macapat.

Guru gatra dalam tembang tersebut adalah 4. Tembang kinanthi adalah diambil dari kata “kanthi” yang artinya tuntunan, bimbingan, diarahkan, atau didampingi. Tembang kinanthi berasal dari kata “kanthi” dalam bahasa jawa yang artinya menuntun atau menggandeng.

★ Sd Kelas 5 / Bahasa Jawa Sd Kelas 5.

U, i, a, i, a, i (artinya baris pertama berakhir dengan vokal u, baris kedua berakhir vokal i, dan seterusnya). Guru lagu = u, i, a, i, a, i. Guru gatra dalam tembang tersebut adalah 4. Guru wilangan = 8, 8, 8, 8, 8, 8.

Setiap Lariknya Dapat Berupa Frasa, Klausa, Atau Kalimat.

Guru lagu yaiku tibaning swara ing saben pungkasaning gatra.

Kesimpulan dari Guru Lagu Tembang Kinanthi.

Mempunyai guru lagu = u, i, a, i, a, i; Paugeran tembang kinanthi adalah guru lagu dan guru wilangan:. Seperti gatra, yang memiliki 6 baris atau bait.

LAINNYA  Lagu Burung Kutilang Dinyanyikan Dengan Tempo